Karang Taruna Terbaik Nasional 2015

KARANG TARUNA TERBAIK NASIONAL 2015


Hay Pemuda?
Bagaimana semangatmu hari ini?

Pada artikel kali ini mengulas tentang salah satu inspirasi bagi kita semua. Karang Taruna bukan hanya tempat untuk berkumpul dan nongkrong semata, tetapi akan lebih bermanfaat jika dibarengi dengan kegiatan yang positif, terutama dalam membantu mengembangkan potensi desa dan masyarakatnya. Berikut ini adalah salah satu inspirasi dari Karang Taruna di Balikpapan.


Aktifnya pengurus lembaga kepemudaan Karang Taruna Kota Balikpapan dalam menjalankan fungsi sosial kemasyarakat ternyata diganjar prestasi oleh pemerintah pusat. Pasalnya, Karang taruna Balikpapan yang ditunjuk Provinsi sebagai yang terbaik di Kaltim ternyata terpilih sebagai karang taruna terbaik nasional.

Penghargaan yang diperoleh karang taruna Balikpapan semakin spesial lantaran reward akan diserahkan langsung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional 2014. Penyerahan akan diberikan pada Jumat (12/12) hari ini dipusatkan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. "Yang menerima reward prestasi karang taruna nanti pak Wali Kota Rizal Effendi.

Kebetulan beliau merupakan pembina karang taruna Kota Balikpapan. Kebetulan, reward ini diserahkan kepada bupati, wali kota dna gubernur yang menjadi pembina," ujar Muhaimin saat diwawancarai Balikpapan Pos, Kamis (11/12).

Kepala Dinas Tata Kota dan Pemukiman (DTKP) Kota Balikpapan ini menjelaskan, penganugerahan pembina karang taruna tingkat kabupaten, kota dan provinsi selalu rutin dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional. Menurut informasi, Balikpapan mendapatkan reward ini lantaran dianggap sukses menjalankan program secara baik.

Tiga indikator terpenting pun berhasil dilakukan karang taruna Balikpapan. Selain pengurus yang aktif dan berjalannya program sosial kemasyarakatan. Juga tidak lepas dari dukungan pemerintah kota yang memberikan bantuan sebagai rangsangan menjalankan program di lapangan. "Pembina karang taruna kita menang, karena dinilai tim peduli dengan program karang taruna," bebernya.

Muhaimin menyebut Balikpapan dipilih Pemprov Kaltim dengan pertimbangan selama tiga tahun terakhir, prestasi karang taruna Balikpapan lebih mentereng dibandingkan karang taruna kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Sebelum kita menjadi yang terbaik tahun ini, pada 2013 berhasil masuk 5 besar dan 2012 sukses menembus 10 besar karang taruna berprestasi.

Beberapa prestasi yang dicetak karang taruna Balikpapan diantaranya sukses melakukan inovasi program di masyarakat, seperti mengembangkan biji mangrove menjadi bahan makanan olahan dan memiliki nilai jual tinggi. "Selain itu, inovasi program karang taruna di sejumlah kelurahan yang mampu membuka usaha mandiri seperti pembuatan bata pres," sebutnya.

Dengan prestasi ini, karang taruna yang memiliki mitra utama Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) bisa memanfaatkan jalin kerjasama khususnya dengan upaya pelatihan atau bimbingan teknis terkait ketenagakerjaan.

Saat ini, motivasi pemkot Balikpapan dalam motivasi anggaran cukup tinggi setiap tahunnya, khusus untuk pengurus karang taruna tingkat kecamatan diberikan dana stimulan Rp10 juta dan tingkat kelurahan sebesar Rp7 juta," pungkasnya.(rus)

Sekian dulu ya guys. Semoga artikel ini menambah wawasan kita semua dan mendorong untuk terus mengembangkan diri. Salam Pemuda, Semangat Empat Lima!!!



Sumber : http://balikpapan.prokal.co/

0 Response to "Karang Taruna Terbaik Nasional 2015"

Posting Komentar